Pentingnya Tekanan Angin Ban Kendaraan

Otoroda News - Pada dasarnya tekanan angin ban kendaraan akan terus berkurang meski tidak signifikan. Kondisi saat tekanan angin menurun di bawah batas ideal akan mengurangi kenyamanan dan akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu saja, ban mobil dengan angin yang tidak sesuai juga akan membahayakan saat dikendarai.

Selain efek dan bahaya yang mungkin terjadi, tekanan angin yang kurang pas juga berakibat usia pakai ban menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, tekanan angin ban kendaraan harus dicek setidaknya sekali setiap bulannya.

Hal ini karena kondisi ban masuk kategori keamanan dalam berkendara. Saat perjalanan jauh dan kecepatan tinggi, tekanan angin yang tidak pas bisa saja menyebabkan ban mobil pecah secara tiba-tiba.

Biasanya, kecelakaan yang diakibatkan ban pecah saat kecepatan tinggi juga dialami karena ban yang kempis sementara muatan kendaraan terlalu banyak.

Bahkan untuk beberapa kasus, muatan kendaraan juga melebihi kapasitas kendaraan itu sendiri. Efeknya, ban yang kempis membuat dinding ban akan menerima tekanan lebih dari yang sudah didesain untuk diterima.

Untuk melakukan pemeriksaan kondisi tekanan angin ban mobil, Anda dapat membawa ke tukang tambal ban atau lebih baik lagi ke toko ban kendaraan yang sudah pasti memiliki standar untuk memeriksa.

Jika dirasa kurang atau terlalu kuat, maka montir atau petugas akan langsung menyesuaikan dengan mengeluarkan angin ban atau menambahkannya agar sesuai standar.

Jika ingin melakukan pemeriksaan sendiri, sekarang sudah banyak dijual bebas alat untuk mengukur tekanan angin dalam ban kendaraan. Anda bisa mendapatkannya di toko otomotif atau toko perlengkapan di mall besar.

Perlu diperhatikan, setiap kendaraan memiliki standar tekanan angin ban yang dibutuhkan. Selain itu, sesuaikan tekanan standar kendaraan tersebut dengan batas tekanan yang dapat diterima oleh ban. Hal ini akan tertulis pada spesifikasi ban secara detail.

Lebih baik Anda mengisi tekanan angin sesuai kebutuhan yang ideal dan jangan dipaksakan untuk mengisi dengan tekanan maksimal.
Share on Google Plus

About Unknown

Berita seputar dunia Otomotif terbaru, review mobil dan motor baru, harga motor dan mobil terbaru, informasi balap nasional dan internasional.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com