Tips Mudah Merawat Motor di Musim Hujan

Otoroda News - Indonesia saat ini tengah memasuki musim penghujan, sehingga pengguna kendaraan diminta selalu waspada mengingat jalan menjadi licin dan pandangan sedikit terhalang. Selain meningkatkan kewaspadaan, pemilik kendaraan terutama sepeda motor juga perlu memperhatikan perawatan motor ketika memasuki musim hujan.

Bagi pemilik kendaraan, hujan adalah saat dimana Anda harus melakukan perawatan ekstra. Pasalnya, air hujan mengandung asam yang bisa melunturkan cat kendaraan Anda.

Nah, berikut ini adalah tips sederhana yang perlu diketahui dalam merawat motor ketika musim hujan.

Cuci Motor

Seperti yang dikatakan sebelumnya, air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa merusak keindahan motor Anda. Oleh sebab itu, cucilah motor Anda setelah terkena air hujan. Meski tak ada waktu, upayakan untuk menyempatkan mencuci motor walau hanya sekedar mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya untuk mencegah timbulnya karat.

Rantai

Dengan sifat keasamannya, hujan mampu menimbulkan karat bahkan pada rantai motor sekalipun. Oleh sebab itu, baiknya Anda mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan grease.

Lampu Motor

Hindari meletakkan jas hujan (biasanya jenis ponco/ kelelawar) di depan lampu utama karena akan menyebabkan lensa lampu utama menjadi mengerut/berubah bentuk.

Kabar Otomotif Terbaru 2016

Lantas komponen-komponen motor apa saja yang harus menjadi pusat perhatian saat musim hujan?
  1. Pastikan kondisi ban motor anda dalam kondisi yang baik. Perhatikan ketebalan serta tekanan angin ban dalam kondisi yang standar untuk mencegah slip dan tarikan berat.
  2. Periksa kondisi rem depan dan belakang, bersihkan rem dari debu, dan lakukan penggantian jika sudah aus/masa pakai habis.
  3. Pastikan pada bagian kelistrikan terlindungi dengan baik, untuk menghindari terjadinya short/konslet. Hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor.
Share on Google Plus

About Unknown

Berita seputar dunia Otomotif terbaru, review mobil dan motor baru, harga motor dan mobil terbaru, informasi balap nasional dan internasional.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com