Cara Mengurangi Ban Cepat Aus

Otoroda News - Sebagai komponen yang sangat vital dalam berkendara, ban memiliki umur yang relatif pendek. Selain perawatan, gaya mengemudi juga mempengaruhi umur pakai dari ban.

Untuk langkah pencegahan, lakukan pemeriksaan ban mobil secara berkala dan periksa tekanan angin ban mobil, berikan tekanan angin sesuai dengan spesifikasi dan jenis ban yang digunakan.

Jangan memberikan beban yang berlebihan pada mobil, karena menyebabkan tekanan ban pada aspal jadi lebih “menggigit” sehingga bisa memperpendek umur ban.

Selain itu, beban yang berlebihan juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Periksa juga komponen-komponen yang berhubungan erat dengan ban, contohnya bearing atau hub, sehingga akan terdeteksi sejak dini jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut.

Karena apabila terjadi kerusakan pada bagian bearing, akan terjadi keausan yang tidak rata pada bagian telapak ban.

Khusus untuk roda depan lakukan pengecekan sporing dan balancing secara berkala, untuk menghindari ke-aus-an ban di salah satu sisinya.

Saat berkendara, usahakan memilih jalan yang baik atau rata dan hindari jalan yang berlubang.

Usahakan juga dalam mengemudi mobil jangan terlalu sering melakukan pengereman dan akselerasi secara spontan atau mendadak. (oto)

Berita Otomotif Indonesia 2016
Share on Google Plus

About Unknown

Berita seputar dunia Otomotif terbaru, review mobil dan motor baru, harga motor dan mobil terbaru, informasi balap nasional dan internasional.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com