Efek Jika Membalik Arah Rotasi Ban

Otoroda News - Setiap guratan atau alur pada ban kendaraan kita memiliki fungsi dan pemakaian yang berbeda-beda, tidak hanya terlihat sekadar bagus saja. Salah memahami alur dan arah rotasi ban dapat menimbulkan banyak hal yang tidak kita inginkan.

Pada umumnya ban dibedakan menjadi dua tipe yakni directional dan asymmetrical, setiap tipe ini memiliki aturan pemasangan masing-masing. Ban directional ditandai dengan penunjuk arah berbentuk panah, sementara asymmetrical memakai tulisan 'outside' dan 'inside'.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum atau bahkan sama sekali tidak memahami hal tersebut. Padahal kesalahan dalam memasang arah rotasi ban bisa-bisa membahayakan keselamatan kita.

Berikut beberapa dampak ketika kita salah atau memaksa membalik arah rotasi ban:

1. Selip ban

Arah rotasi ban yang salah beresiko timbulkan selip saat melintasi jalanan yang basah, karena dapat menyebabkan adanya aqua planning berlebihan, sehingga dapat menghilangkan stabilitas. Alur ban sudah didesain oleh pabrik untuk membuang air. Jika arah rotasi ban dibalik, maka fungsinya berubah menjadi penampung air.

Alhasil, air akan berkumpul dan membentuk lapisan antara ban dengan permukaan aspal jalan. Sebaliknya jika digunakan pada lintasan kering, maka suara gesekan ban lebih berisik dan kembangan ban lebih cepat habis.

2. Traksi ban terlalu besar

Kondisi rotasi ban yang dibalik dapat membantu pengereman agar lebih pakem, pada mobil penggerak belakang dengan tenaga yang besar. Penggantiannya pun hanya berlaku untuk ban depan saja. Saat posisi ban dibalik, maka menimbulkan efek lebih mencengkeram saat di rem. Dengan begitu jarak pengereman bisa lebih dekat.

Namun teori ini tak berlaku untuk mobil berpenggerak roda depan, karena sebagai pusat traksi di mana tempat beban berkumpul. Selain itu, sangat tak disarankan untuk membalik arah rotasi ban saat lintasan basah, karena akan mengurangi stabilitas cukup besar dan bisa sangat berbahaya karena mobil kehilangan kontrol. (oto)

Berita Otomotif Indonesia 2016
Share on Google Plus

About Unknown

Berita seputar dunia Otomotif terbaru, review mobil dan motor baru, harga motor dan mobil terbaru, informasi balap nasional dan internasional.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com